Penanganan kesalahan dan help documentation

Penanganan kesalahan dan Help Documentation

Penanganan yang penulis maksudkan disini ialah penanganan kesalahan yang terdapat pada komputer, karena tulisan ini untu memenuhi tugas Softskill Mata Kuliah “Interaksi Manusia dan Komputer”. Berikut penanganan kesalahan dan jenis-jenisnya.

  • Jenis – jenis kesalahan

Untuk dapat mengatasi berbagai kesalahan pada komputer, kita perlu mengenal pesan kesalahan yang sering muncul.

  1. Logical error, dan Run-time error

Penting bagi kita untuk mengenal hal – hal yang ditemukan dalam sistem komputer, kesalahan ini ditemukan dalam bermacam – macam kasus, baik pemrograman, maupun dalam bidang lainnya dalam proses yang dilakukan dengan menggunakan komputer.

  1. Syntax Error

Adalah kesalahan yang diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang tidak benar. Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu menjadi bingung, sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut.

Apabila terjadi kesalahan jenis ini, proses tidak akan diberhentikan, atau tidak dilanjutkan, sampai yang bersangkutan menulis perintah membenarkan perintah tersebut.

  1. Logical Error

Adalah jenis kesalahan secara logika. Jika ditemukan kesalahan dengan jenis ini, proses tetap dilanjutkan, namun tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Kesalahan dalam logika ini akan mengakibatkan hasil suatu proses tidak sesuai dengan yang diharapkan, umumnya prpses ini tidak berhenti karena kesalahan logika ini, Nah, kita memang harus berhati – hati dengan kesalahan secara logic ini. Sistem akan memberikan informasi sesuai dengan yang kamu berikan. Makanya, ketelitian diperlukan di sini.

  1. Run-time Error

Kesalahan jenis ini disebabkan karena waktu suatu perintah dieksekusi, sistemnya sendiri yang tidak siap menerima perintah tersebut, bisa saja disebabkan permintaan yang kamu lakukan tidak tersedia, atau karena penyebab secara teknis lainnya.

  • Petunjuk Pencegahan Kesalahan

Tiap – tiap kesalahan yang terjadi pada suatu sistem komputer pasti memiliki suatu solusi untuk menyelesaikannya. Suatu kesalahan yang biasa terjadi pada sistem komputer seperti Hardware, Software, dan Brainware memiliki kesalahan dan cara pencegahan masing-masing. Perawatan komputer mencakup perawatan perangkat keras (yaitu komputer beserta periferal pendukungnya) dan perawatan perangkat lunak (program dan data). Perawatan komputer tidak lepas dari lingkungan yang digunakan atau tempat meletakkan komputer (yaitu ruang, mebeler, pengguna, dan komponen-komponen lainnya).

Selain itu perawatan dan perbaikan komputer tidak selaludapat berdiri sendiri, tetapi seringkali berkaitan erat dengan perangkat lunak, dan begitu juga sebaliknya.

Perawatan yang dilakukan secara rutin dapat membantu memperpanjang usia pakai komputer dan menghindari kerusakan atau kesalahan (error) dalam pemakaian sehari-hari dan mengurangi biaya perbaikan. Dalam perawatan perlu menghindari kondisi yang dapat menyebabkan kesalahan dan kerusakan yang tidak dikehendaki.

  • Petunjuk Memperbaiki kesalahan

Berikut ini dijelaskan cara-cara merawat dan mengatasi gangguan ringan yang tidak memiliki resiko tinggi atau menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Biaya untuk perawatan ini juga tergolong mudah, murah, dan bahkan gratis. Tahapan Tips Merawat Merawat dan Optimasi PC dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Kenali sistem komputer anda, sebab informasi tersebut diperlukan disaat service.
  2. Cek peralatan dan aplikasi yang digunakan
  3. Gunakan tools untuk mengumpulkan informasi-informasi tersebut seperti : sisoft Sandra, system works, dll.
  4. Buat system disk penyelamat disaat emergency, system crash, terkena virus.
  5. Backup data dengan cara :
  • – Penyalinan data secara berkala
  • – Backup system dan aplikasi
  • – Gunakan tools khusus (Norton ghost, easeus backup, dll.)
  1. Shutdown sesuai prosedur, matikan PC dengan benar karena akan mengakibatkan crash pada hardisk.
  2. Bersihkan motherboard dan peripheral lainnya
  3. Periksa voltase listrik
  4. Hindari debu dengan menutupi PC dengan cover khusus, karena debu dapat mengakibakan kerusakan.
  • Jenis dokumen dan alat bantu

Kita sudah mengetahui kesalahan – kesalahan yang biasa terjadi pada sistem komputer seperti Hardware, Software. Jika kesalahan yang terjadi pada Hardware, maka solusinya ialah cari informasi – informasi mengenai perangkat keras yang anda gunakan dan cara penanganan kesalahan yang terjadi pada perangkat keras anda.

Sedangkan jika kesalahan terjadi pada software, umumnya setiap aplikasi memiliki alat bantu atau Help untuk menyelesaikan permasalahan kesalahan yang sedang anda alami, manfaatkan sebaik-baiknya dan pelajari dari kesalahan yang sedang kita alami.

 

sumber :

adadi.wordpress.com

staff.uny.ac.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s